Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss

Adanya aktifitas yang menumpuk, jam pulang yang tidak teratur, kemacetan, membuat banyak orang menganggapnya sebagai alasan untuk dapat datang terlambat dalam suatu acara ataupun janji. Namun di sebuah negara di Eropa bagian Tengah memiliki penduduk yang sangat menghargai waktu. yuk kita coba Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss

Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss
Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss

Source: TahuPedia.com

Swiss, negara yang identik dengan jam ini memiliki bangsa yang sangat menghargai ketepatan waktu. Adanya  ketepatan waktu yang selalu dilakukan masyarakatnya membuat kehidupan Swiss menjadi teratur. Keteraturan tersebut dengan sendirinya menciptakan sukacita bagi penduduknya.

Bagi orang Swiss, Ketepatan waktu merupakan suatu penghargaan yang di berikan seseorang kepada orang lain yang seturut dalam perjanjian yang sama, dimana dia berarti menghargai waktu yang dimiliki orang itu. “Saya menghargai waktu Anda, dan dengan kata lain, saya menghargai Anda,” kata Silvan Bachmann, seorang pengunjung di Swiss, menggambarkan maksud dari orang-orang Swiss melakukan tindakan tepat waktu. Ketepatan waktu yang menjangkit orang-orang Swiss tak hanya dalam janji dengan orang lain, Hal ini juga berlaku dalam moda transportasi yang ada di Swiss.

Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss
Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss

Source: Tribunnews.com

Tidak ada yang tahu pasti mengapa ketepatan waktu bisa mendarah daging untuk orang-orang Swiss namun kita bisa melihatnya dari sisi histori Swiss yang merupakan negara pegunungan bahwa jika mereka menanam tepat pada waktunya maka akan memanen dengan tepat pula jika tidak, mereka dapat kelaparan.

Susan Jane Gilman, penulis asal Amerika yang telah tinggal di Janewa (Salah satu kota di Swiss) menceritakan kekagumannya akan ketepatan waktu di Swiss. Dia mengatakan belum pernah mendapatkan taksi yang terlambat. Kekaguman lainnya yang begitu membuatnya terkesan adalah ketika ia memesan sebuah kulkas untuk keperluannya, dan perusahaan tempatnya bekerja memberikan dua jam waktu luang untuk mengurus hal itu.

Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss
Belajar Tepat Waktu dari Negara Swiss

Source: linkedin.com

Gilman mengatakan bahwa Swiss telah mengubahnya dari seseorang yang terlambat kronis menjadi seseorang yang lebih menghargai waktu orang lain.

baca juga: Trip ke Jenewa – Paris (Part 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: